BENCANA BANJIR di INDONESIA

Anton nugroho
10.11.4208
SI-TI-08

Banjir yang menggenangi wilayah Jakarta dan sebagian wilayah Jawa Barat bukan hanya menjadi perhatian pemberitaan media lokal maupun nasional tetapi juga sudah menjadi ranah internasional. Salah satu yang memberitakan kejadian banjir di wilayah Jakarta dan sebagian wilayah Jawa Barat adalah CNN. Dalam berita yang diwartakan di media online yakni cnn.com diwartakan mengenai korban tewas berjumlah 15 orang. Dalam situs berita tersebut dikemukakan bahwa penyebab banjir yang melanda ibu kota diakibatkan oleh intensitas hujan yang sangat kuat. Air luapan banjir juga membawa sampah dan kotoran manusia. Banjir juga diberitakan telah menggenangi daerah pusat bisnis di ibu kota, menutup jalur sekolah dan telah memasuki istana presiden.

Dalam berita yang dapat dibaca penduduk di seluruh dunia ini dengan judul Indonesia floods kill 15;thousands flee raging waters in capital tersebut mengatakan bahwa 95.000 warga ibukota terkena dampak dari bencana banjir yang selalu muncul di bulan januari. Pengumuman pemprov Jakarta mengenai keadaan darurat memungkinkan jika nantinya pemprov DKI menggunakan dana nasional dan sumber dana lainnya. Pemberitaan dari CNN tersebut juga menyoroti wilayah kampung melayu (lingkungan sebelah timur sungai ciliwung) di mana banyak warga yang masih bertahan dirumah mereka untuk mempertahankan harta benda mereka dari bahaya banjir. Di berita tersebut juga melaporkan tentara Indonesia yang bahu membahu menumpuk karung pasir di jalur kereta api sebagai tanggul. Dengan adaya pemberitaan dari CNN ke dunia internasional semoga nantinya para tetangga sahabat negara Indonesia dapat memberikan bantuan berupa bahan sembako, obata-obatan dan kebutuhan yang sangat diperlukan para pengungi korban banjir sehingga bisa meringankan beban mereka.

Diantara beberapa penyebab banjir adalah:

1. Ilegal Loging (Penebangan hutan liar)

2. Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.

3. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan penanaman kembali pada daerah / hutan hutan yang baru di tebangi.

4. Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.

Faktor alam penyebab banjir adalah:

Badai  juga dapat menyebabkan banjir melalui beberapa cara, di antaranya melalui ombak besar yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Selain itu badai juga adanya presipitasi yang dikaitkan dengan peristiwa badai. Mata badai mempunyai tekanan yang sangat rendah, jadi ketinggian laut dapat naik beberapa meter pada mata guntur. Banjir pesisir seperti ini sering terjadi di Bangladesh.
Gempa bumi dasar laut maupun letusan pulau gunung berapi yang membentuk kawah (seperti Thera atau Krakatau) dapat memicu terjadinya gelombang besar yang disebut tsunami yang menyebabkan banjir pada daerah pesisir pantai
Artikel yang terkait dengan Penyebab banjir
Penyebab banjir, artikel penyebab banjir, penyebab banjir di indonesia, dampak banjir, penyebab tanah longsor, faktor penyebab banjir, tips mengatasi banjir, faktor alam penyebab banjir
Penyebab banjir
artikel bencana alam banjir, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bencana banjir, artikel bencana alam, cara mencegah tsunami, faktor-faktor yang mempengaruhi banjir, gambar pencemaran tanah, faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir, artikel penyebab banjir, cara penanggulangan badai, makalah tentang banjir, peristiwa banjir, solusi untuk mengatasi longsor karena banjir, makalah bencana alam banjir, faktor yang mempengaruhi banjir, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir, faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya bencana banjir, penyebab banjir di indonesia, penyebab banjir dan cara mengatasinya, penyebab banjir secara alamiah, Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya global warming, penanggulangan badai, makalah tentang bencana alam banjir, pengertian banjir, peristiwa alam banjir, 3 penyebab banjir secara alamiah, gejala banjir, gejala awal banjir, faktor-faktor alam yang mempengaruhi terjadinya bencana banjir, artikel tentang bencana alam banjir, Faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir

Dari pembahasan yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa bencan banjir yang melanda Negara kita merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan sebab terjadinya bencana banjir disebsbkan dari beberapa hal adakalanya terjadi karena alam dan ada juga terjadi dikarenakan ulah manusia.
Dan berikut adalah hal-hal yang menyebabkan banjir di seluruh dunia termasuk Indonesia :

1.      Peristiwa alam seperti Curah hujan dalam jangka waktu yang lama.
    Terjadinya erosi tanah hingga hanya menyisakan batuan, dan tidak ada resapan air. bahkan bukan hanya banjir tapi juga tanah longsor
3.      Buruknya penanganan sampah, hingga kemudian sumber saluran air tersumbat.
4.     Bendungan dan saluran air rusak. Seperti yang terjadi pada bencana di situ gintung
Pembangunan tempat permukiman dimana tanah kosong diubah menjadi jalan gedung, tempat parkir, hingga daya serap air hujan tidak ada. Contohlah kota-kota besar semacam jakarta yang sering terjadi bencana banjir. Bencana banjir sebenarnya dapat kita hindari, yaitu dengan menghindari hal-hal diatas. Sehingga tidak akan terjadi peristiwa seperti situ gintung ataupun banjir bandang yang sering terjadi di indonesia. seperti sebuah kata bijak “Manusia adalah bagian dari alam, jika kita menyakiti alam maka kita juga akan menyakiti manusia”.
Berdasarkan analisis diatas Menggunakan kerangka teori sebagaimana dijelaskan sebelumnya, maka kesimpulannya sebagai berikut :

Partisipasi masyarakat daam menanggulangi masalah banjir masih sangat kurang. Begitu juga dengan Peran pemerintah masih sangat dominan pada setiap tahap bencana. Partisipasi masyarakat yang merupakan critical player pada tahap sebelum bencana, memiliki pengaruh sangat kecil dalam proses dan implementasi kebijakan. Tingkat partisipasi terbaik yang terjadi baru pada tingkat consultation. Pada beberapa kegiatan masih pada tingkat information. Di tahap ini masyarakat masih sebagai obyek program/kegiatan pemerintah. Partisipasi telah dimulai pada tingkat partnership pada lingkup lingkungansetempat yang dilaksanakan secara spontan. Kegiatan tanggap darurat, di saat bencana banjir datang, partisipasi masyarakat seimbang dengan stakeholder lainnya. Tingkat partisipasi yang dicapai adalah partnership, baik secara individu maupun kelompok organisasi sosial. Pada tahapan rehabilitasi setelah bencana, pemerintah kembali dominan, terutama dalam kegiatan fisik. Partisipasi masyarakat hanya sebatas consultation. Tingkat partisipasi risk sharing dan partnership dilakukan lingkuplingkungan setempat.dan Kebijakan pemerintah daerah tentang penanggulangan bencana masih sangat terbatas.

Bencana banjir merupakan bencana yang sering terjadi di wilayah Indonesia ini. Permasalahan banjir ini akan mengakibatkan kerugian secara materiil, banjir menimbulkan kesan ketidak nyamanan dan mengganggn aktivitas sehingga akan mengganggu pertumbuhan kota.

Banjir terdiri dari berbagai jenis banjir seperti banjir air, banjir cileuncang, banjir bandang, banjir rob, banjir lahar dingin dan banjir lumpur. Bencana banjir dapat diakibatkan oleh faktor alam dan juga disebabkan karena ulah manusia itu sendiri. Bencana banjir dapat juga disebabkan faktor faktor akibat luapan Sungai, sistem drainasi yang buruk, dari rusaknya ekologis, yang didalamnya akibat pembabatan hutan, legal maupun illegal dan lain-lain.

Solusi permasalahan bencana banjir dapat dilakukan dengan membuat drainase yang baik, sewr system, pembangunan waduk dan kanal, membuat sumur resapan,membuat lubang biopori dan lain-lain.

Baca Juga

 
© Copyright CARA-CARA BLOG 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Freak | Published by Premium Blogger Themes
BENCANA BANJIR di INDONESIA - CARA-CARA BLOG